4

Pilihan destinasi wisata yang beragam membuat beberapa orang tua cenderung mengajak anak-anak pergi ke pusat perbelanjaan, bioskop, dan play ground, taman yang tersebar di kota. Seiring dengan bertambahnya tempat wisata, museum kian terabaikan dan jarang jadi pilihan untuk dikunjungi. 

Terkadang miris ketika menemui kenyataan bahwa tempat edukasi seperti museum sepi dan kalah ramai dengan mall-mall baru. Padahal, dari segi edukasi, museum juga memiliki manfaat ketika kita menyambanginya lho!


"A museum should not just be a place for fancy paintings but should be a place where we can communicate our lives trough our everyday objects." -Orhan Pamuk

(Museum seharusnya tak hanya menjadi tempat untuk lukisan mewah tetapi juga harus menjadi tempat di mana kita dapat berkomunikasi tentang kehidupan kita lewat objek yang kita temui sehari-hari)


1. Meluaskan Pengetahuan
Photo credit indonesiakaya.com

Menyimpan koleksi peninggalan sejarah di masa lampau dan benda-benda purba yang sarat akan informasi dan nilai filosofi, membuat pengunjung khususnya anak-anak memperoleh dan membuka wawasan. Tak hanya itu, informasi yang didapat saat kunjungan langsung lebih banyak, detail dibandingkan dari internet dan penjelasan saat pelajaran sejarah di sekolah. Adanya museum tour membuat kita bisa langsung aktif bertanya tentang makna dan sejarah benda-benda yang dipamerkan di museum.

2. Melatih Indra Visual dengan Melihat Benda Langka


Photo credit tripofmine.com

Setiap museum mengoleksi banyak benda yang berbeda. Tilik saja, benda-benda peninggalan di Museum Pers Nasional Solo jauh berbeda dengan Museum Keraton Surakarta. Setiap museum menyimpan koleksi yang langka bahkan bisa jadi hanya ada satu di dunia. Hmm, bisa disimpulkan bahwa visual view ketika mengunjungi museum adalah hal yang tergolong eksklusif ya?

3. Media Belajar yang Efektif


Photo credit sekolahalamsolo.sch.id

Seringkali pengetahuan tentang sejarah yang diajarkan di sekolah terbatas hanya berupa textbook. Saat mengunjungi museum, anak-anak terlibat langsung dengan melihat koleksi yang terpajang di museum. Bahkan, anak-anak bisa mengalami dan belajar langsung objek yang barangkali sudah ia ketahui lewat pelajaran di sekolah.

4. Mengasah Kemampuan Berinteraksi


Photo credit beritagar.id

Menyambangi museum bisa melatih kemampuan bersosialisasi sebab anak-anak akan bertemu  dan berinteraksi dengan banyak orang. Rasa ingin tahu yang timbul membuat anak-anak bertanya dan mengobrol dengan guide atau pengunjung lain. Hasilnya, anak-anak pun barangkali mendapat teman yang baru ketika mengunjungi museum.

5. Mempelajari Peristiwa Masa Lampau


Photo credit tkk2.bpkpenaburjakarta.or.id

Peristiwa dan tempat bersejarah dulunya menjadi saksi perjuangan di masa lalu. Para pengunjung khususunya anak-anak bisa mempelajari dua hal itu lewat diorama, grafik, angka dan sumber-sumber di museum. Tak hanya itu, penjelasan dari guide barangkali tak kita temukan lewat buku-buku sejarah dan internet.

6. Mumupuk Rasa Cinta Tanah Air


Photo credit faktabanten.co.id

Sebagai generasi penerus bangsa acapkali kita sering sewot lalu protes ketika negara tetangga mengklaim salah satu kebudayaan Indonesia. Respon itu memang sangat wajar dan membuktikan bahwa kita mempunyai rasa nasionalisme dan cinta tanah air tinggi. Tetapi, sikap protes dan marah kita juga bermakna bahwa kita tak cukup paham dan memiliki pengetahuan tentang budaya bangsa. Sampai-sampai warga negara lain mempelajari dan kemudian mengklaimnya sebagai warisan budaya mereka.

Sepatutnya kepedulian kita tentang budaya bangsa juga tercermin dari tindakan kita yang mau mempelajari dan menguasai dengan baik. Salah satu cara yang bisa kita lakukan dengan mengunjungi museum. Dengan rajin berkunjung ke museum, kita juga turut melestarikan budaya bangsa.


"Dengan sejarah, kita belajar jatuh cinta."
― Kuntowijoyo

Yuk, jadikan museum sebagai pilihan destinasi wisata utama dan lifestyle-mu. Mulailah kunjungi museum terdekat yang ada di kotamu :)


Sumber Referensi :


Post a Comment

  1. Nice artikel, mba. Mulai search museum daerah Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Estina🙏
      Wah, Sip...jadi nggak sabar dan pengin tahu museum mana yang bakal kamu bahas :)

      Delete
  2. Bagus mbk artikelnya , sekarang jadi pengen berkunjung ke museum hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bro, tinggal pilih salah satu museum aja 'kan ya? Terus dikunjungi. Hehehe

      Delete

 
Top