23

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Hai semuanya,

Alhamdulillah saya lolos dan naik ke level 2 di Kelas BNA (Belajar Nulis Artikel) yang dipandu Mas Wildan Fuady. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mendukung saya dengan senang hati dan memberi komentar di postingan tugas pertama saya minggu lalu. Well, minggu ke-2 ini kami mendapat challenge lanjutan nih. Memang sengaja, biar lebih greget, saya menyebut tugas dengan kata challenge. Hehehe.


    Image : pexels.com  

Sebenarnya, apa sih challenge minggu kedua ini?

Optimasi Blog.

Tujuan optimasi blog itu apa?

Hmm, bisa dibilang untuk mempercantik blog dengan mengatur setting-an dan merapikan tampilan blog agar mudah diakses pembaca, istilah kekiniannya user-friendly. Nggak cuma itu, dari sisi pemilik blog juga nyaman kan kalau tampilan blog rapi?


Image : pexels.com

Lalu, langkah-langkah optimasi blog itu bagaimana?

Pertama, mengubah template blog bawaan dari blogspot atau wordpress yang kita pakai ke legal template yang kita download. O ya, sesuai janji Mas Wildan, bagi member yang lolos di level kedua ini, akan mendapat template blog dari beliau. Kami disediakan beberapa template yang bisa langsung diunggah kemudian diaplikasikan ke blog masing-masing. 

Khusus pengguna blogger, Mas Wildan menyarankan untuk memakai template yang beliau pilihkan. Hal itu diperkuat dengan alasan SEO yang bagus dan cocok untuk blog pribadi. Lalu, bagi pemilik blog yang menggunakan wordpress bagaimana? Keep calm, ada template yang bisa diaplikasikan ke wordpress kok. No need to worry. Hehe.

O ya, untuk kami yang sudah mengubah template. Kami akan sedikit dikejutkan dengan perubahan-perubahan pengaturan di blog kami. Yup, sebut saja, coding.


Image : pexels.com 

Apa sih coding itu?

Meminjam penjelasan dari https://www.dewaweb.com/blog/belajar-coding-untuk-pemula, coding itu istilah simple dari computer programming. Jadi, sebagai pemilik blog, kita memberitahu komputer apa yang harus mereka lakukan untuk kita. Ada juga yang menyebut coding sebagai bahasa pemrograman. 
                                                                      
    


Image : pexels.com 

Saya sempat bingung mendapati template blog yang saya rasa berantakan setelah mengubah ke template yang disarankan Mas Wildan untuk blogger. Lalu, saya mencoba mengotak-atiknya. Hmmm, saya tak bisa menyembunyikan rasa penasaran yang menggelayut di pikiran dan akhirnya saya mengajukan pertanyaan di WA Group pada Mas Wildan. 

Kurang lebih pertanyaannya begini, “Mas, kalau template blog sudah diubah ke template yang disarankan, apa perlu dioprek lagi?” Saat itu, Mas Wildan tidak langsung menjawab pertanyaan saya, sebab beliau baru selesai mengajar.


Image : pexels.com

Esok hari, saya senang bukan kepalang ketika ada pesan baru di WA Group Kelas BNA, ya...Mas Wildan mengirimkan tutorial mengoprek template khusus blogger. Saya hanya berkata dalam hati, “Barangkali ini cara Mas Wildan menjawab pertanyaan saya kemarin malam.” GR banget ya saya. Hehehe. Nggak papa lah, namanya mau berkembang dan bertumbuh di dunia kepenulisan, asal...masih dalam konteks positif. Ya kan? Hehehe.

Sudah berhasil kah saya mengoprek template blog saya?

Belum, tapi setidaknya saya sudah mencoba semaksimal yang saya mampu untuk merapikan blog saya.

By the way, saya minta doanya ya supaya bisa naik ke level selanjutnya. Saya selalu ingat salah satu nasihat Ibu, “Mintalah doa ke siapa saja. Jangan meremehkan kapasitas orang lain. Karena kita tak tahu, doa dari siapa yang akan Allah kabulkan.”


Post a Comment

  1. aamiin, semoga kita naik level ya, mbak.

    Kunjungan balik ya ke wiwidstory.com. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya rabbalalamiin.
      Sudah berkunjung ya Mbak :)

      Delete
  2. Overall rapih dan enak dipandang kakk, masih jauh banget sama pemula sepertiku :'( aku lihat Blognya jadi terinspirasi. Keep it up kak Haniek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Kak Fay :) Alhamdulillah kalau begitu. Itu juga masih belajar banget Kak 🙏

      Delete
  3. Belajar adalah cara terbaik untuk meraih impian. Meski selangkah, meski setapak, jarak antara hari ini dan masa depan yang kita harapkan menjadi semakin dekat. Jangan pernah lelah berproses, untuk kelak bisa menikmati hasil. Sukses selalu Haniek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu suka kata-kata Kak Arif yang memotivasi. Siap Kak, semangat berproses! Sukses selalu juga untuk Kak Arif :)

      Delete
  4. Kakaaak, nanti ajarin, ya? Biar tampilan blogku (yang sepertinya sudah ada rumah laba-labanya) itu jadi keren kayak punya Kak Hanik... 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semestinya saya yang belajar ke Kak Chika. Hehehe

      Delete
  5. Replies
    1. Semangat juga Mbak Annisa :) Semoga kita semua lolos ke level selanjutnya. Aamiin

      Delete
  6. Replies
    1. Kayaknya kebalik deh Mbak Ci, aku yang kudu belajar ke Mbak :)

      Delete
  7. Aamiin ka, semoga kita lolos ke tahap selanjutnya yaa. Ka Haniek keren! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb. Terima kasih, Kak Lia pun keren :)

      Delete
  8. maa syaa Allah keren kak.. semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, maturnuwun Nau. Semangat buatmu juga ya :)

      Delete
  9. Tampilannya suka mba. Simpel. Mau dong dibagi bagi wkwk

    ReplyDelete

 
Top